Tahap
pembelajaran pendekatan GI
Tahap-tahap
pembelajaran melalui GI adalah sebagai berikut:
1. Tahap Pengelompokan (Grouping)
Tahap pengelompokan adalah tahap
mengidentifikasi topik yang akan diinvestigasi serta mebentuk kelompok
investigasi, dengan anggota tiap kelompok 4 sampai 5 orang.
2. Tahap Perencanaan (Planning)
Tahap perencanaan, merencanakan
tugas-tugas yang akan disampaikan dalam pembelajaran.
3. Tahap Penyelidikan (Investigation)
Tahap menyelidiki yaitu adalah tahap untuk pelaksanaan proyek
investigasi siswa.
4. Tahap Pengorganisasian (Organizing)
Tahap
pengorganisasian adalah
tahap persiapan laporan akhir.
5. Tahap Presentasi (Presenting)
Tahap ini yaitu adalah tahap menyajikan
laporan yang terakhir. Kelompok menyajikan kepada keseluruhan kelas dalam berbagai
variasi bentuk penyajian.
6. Tahap evaluasi (evaluating)
Pada tahap evaluating atau
penilaian proses kerja dan hasil proyek siswa. Siswa menggabungkan
masukan-masukan topik materi dari pekerjaan atau penugasan yang telah mereka
lakukan, dan keefektifan dari pengalaman-pengalamannya,
Secara umum langkah-langkah
pembelajaran pendekatan GI adalah sebagai berikut :
1. Guru membagi kelas dalam beberapa
kelompok heterogen.
2. Guru menjelaskan maksud pembelajaran
dan tugas kelompok.
3. Guru memanggil ketua kelompok dan setiap
kelompok mendapat tugas satu materi/tugas yang berbeda dari kelompok lain.
4. Masing-masing kelompok membahas
materi yang sudah ada secara kooperatif yang bersifat penemuan.
5. Setelah selesai diskusi, juru bicara
kelompok menyampaikan hasil pembahasan kelompok.
6. Guru memberikan penjelasan singkat
sekaligus memberi kesimpulan.
7. Evaluasi.
8. Penutup.
Artikel lainnya:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar