Senin, 25 Mei 2015

Tahap pembelajaran pendekatan GI (Grouping)

Tahap pembelajaran pendekatan GI
Tahap-tahap pembelajaran melalui GI adalah sebagai berikut:
1.      Tahap Pengelompokan (Grouping)
Tahap pengelompokan adalah tahap mengidentifikasi topik yang akan diinvestigasi serta mebentuk kelompok investigasi, dengan anggota tiap kelompok 4 sampai 5 orang.
2.      Tahap Perencanaan (Planning)
Tahap perencanaan, merencanakan tugas-tugas yang akan disampaikan dalam pembelajaran.
3.      Tahap Penyelidikan (Investigation)
Tahap menyelidiki yaitu adalah tahap untuk pelaksanaan proyek investigasi siswa.
4.      Tahap Pengorganisasian (Organizing)
Tahap pengorganisasian adalah tahap persiapan laporan akhir.
5.      Tahap Presentasi (Presenting)
Tahap ini yaitu adalah tahap menyajikan laporan yang terakhir. Kelompok menyajikan kepada keseluruhan kelas dalam berbagai variasi bentuk penyajian.
6.      Tahap evaluasi (evaluating)
Pada tahap evaluating atau penilaian proses kerja dan hasil proyek siswa. Siswa menggabungkan masukan-masukan topik materi dari pekerjaan atau penugasan yang telah mereka lakukan, dan keefektifan dari pengalaman-pengalamannya,
Secara umum langkah-langkah pembelajaran pendekatan GI adalah sebagai berikut :
1.      Guru membagi kelas dalam beberapa kelompok heterogen.
2.      Guru menjelaskan maksud pembelajaran dan tugas kelompok.
3.      Guru memanggil ketua kelompok dan setiap kelompok mendapat tugas satu materi/tugas yang berbeda dari kelompok lain.
4.      Masing-masing kelompok membahas materi yang sudah ada secara kooperatif  yang bersifat penemuan.
5.      Setelah selesai diskusi, juru bicara kelompok menyampaikan hasil pembahasan kelompok.
6.      Guru memberikan penjelasan singkat sekaligus memberi kesimpulan.
7.      Evaluasi.
8.      Penutup.


 Artikel lainnya:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar