Tulisan ini saya sadur dari
beberapa artikel mengenai pembelajaran matematika. Namun menurut saya tips
mengajar ini tidak hanya berlaku untuk para guru Matematika, akan tetapi
berlaku juga untuk mata pelajaran yang lainnya.
Berikut adalah beberapa
tips mengajar :
1.
Jujur dan berpikir kritis lebih penting
daripada jawaban yang benar
Memberi
penguatan kepada siswa tidak hanya dengan perkataan memuji, namun dengan sikap
guru dengan tidak mengerutkan kening ketika mereka memberikan jawaban yang
salah.
Mengerutkan
kening seringkali ditafsirkan sebagai bahasa isyarat penolakan yang dapat
menghambat siswa untuk berpartisipasi dalam mengekspresikan pemikirannya.
2.
Mengendalikan jalannya pembelajaran.
Guru
hendaknya menemukan cara-cara terbaik mengelola kelas.
3.
Mengelola kelas yang gaduh tidak harus
berteriak teriak namun cobalah guru untuk berdiam, keudian tataplah siswa yang
menjadi sumber keribytan dengan tanpa menunjukkan ekpresi marah.
4.
Buatlah pembelajaran yang bervariasi. Hal ini
penting agar pembelajaran tidak membosankan.
5.
Memberikan kesempatan kepada sisw antuk
aktif. Bisa dilakukan dengan mempersilahkan siswa tampil di depan kelas,
bekerja kelompok, mencoba dan lain sebagainya.
6.
Cobalah untuk bersikap fleksibel. Pemelajaran yang anda guru lakukan
tidak harus selalu sesuai dengan peraturan. Sesekali guru perlu memejamkan mata
ketika ujian berlangsung.
7.
Sebelum guru memberikan evaluasi atau ujian.
Guru tidak ada salahnya untuk memberikan topik pelajaran yang akan diujikan.
8.
Guru berkomunikasi dengan orang tua siswa
yang mengalami kesulitan dalam belajar.
9. Memberikan
kesempatan kepada siswa yang tidak mengikuti ujian utama, dengan mengadakan
ujian susulan.
10. Ajaklah
siswa mempelajari materi yang telah dipelajari sebelumnya, secara garis
besarnya siswa juga diajak untuk mengenal topik-topik yang hendak
dipelajarinya selama satu semester ke depan.
11. Dalam
pembelajaran utamakan keterampilan memecahklan masalah. Ini penting untuk
membekali siswa dalam kehidupan sehari-harinya.
12. Guru
hendaknya selalu memberikan penghargaan kepada siswa. Penghargaan
yang guru berikan akan memberikan motivasi kepada para siswa untuk mengerjakan
sesuatu lebih baik lagi.
13. Guru
harus berlaku adil. Siswa sudah dapat menilai guru sehingga guru harus adil
untuk membangun kepercaaan siswa kepada guru.
14. Pembelajaran
yang dilakukan hendaknya harus menghubungkan dengan dunia nyata siswa,
pembelajaran contextual (Contextual
Teaching Learning).
15. Terkadang
siswa perlu dikelompokan berdasarkan kemampuannya. Hal ini diharapkan dapat
membuat mereka termotivasi belajar.
Artikel lainnya:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar