Jumat, 08 Mei 2015

Tips Menjadi Guru Sukses

Tulisan ini saya sadur dari beberapa artikel mengenai pembelajaran matematika. Namun menurut saya tips mengajar ini tidak hanya berlaku untuk para guru Matematika, akan tetapi berlaku juga untuk mata pelajaran yang lainnya.
Berikut adalah beberapa tips mengajar :
1.      Jujur dan berpikir kritis lebih penting daripada jawaban yang benar
Memberi penguatan kepada siswa tidak hanya dengan perkataan memuji, namun dengan sikap guru dengan tidak mengerutkan kening ketika mereka memberikan jawaban yang salah.
Mengerutkan kening seringkali ditafsirkan sebagai bahasa isyarat  penolakan yang dapat menghambat siswa untuk berpartisipasi dalam mengekspresikan pemikirannya.
2.      Mengendalikan jalannya pembelajaran.
Guru hendaknya menemukan cara-cara terbaik mengelola kelas.
3.      Mengelola kelas yang gaduh tidak harus berteriak teriak namun cobalah guru untuk berdiam, keudian tataplah siswa yang menjadi sumber keribytan dengan tanpa menunjukkan ekpresi marah.
4.      Buatlah pembelajaran yang bervariasi. Hal ini penting agar pembelajaran tidak membosankan.
5.      Memberikan kesempatan kepada sisw antuk aktif. Bisa dilakukan dengan mempersilahkan siswa tampil di depan kelas, bekerja kelompok, mencoba dan lain sebagainya.
6.      Cobalah untuk bersikap fleksibel. Pemelajaran yang anda guru lakukan tidak harus selalu sesuai dengan peraturan. Sesekali guru perlu memejamkan mata ketika ujian berlangsung.
7.      Sebelum guru memberikan evaluasi atau ujian. Guru tidak ada salahnya untuk memberikan topik pelajaran yang akan diujikan.
8.      Guru berkomunikasi dengan orang tua siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar.
9.      Memberikan kesempatan kepada siswa yang tidak mengikuti ujian utama, dengan mengadakan ujian susulan.
10.  Ajaklah siswa mempelajari materi yang telah dipelajari sebelumnya, secara garis besarnya siswa juga diajak untuk mengenal topik-topik  yang  hendak dipelajarinya selama satu semester ke depan.
11.  Dalam pembelajaran utamakan keterampilan memecahklan masalah. Ini penting untuk membekali siswa dalam kehidupan sehari-harinya.
12.  Guru hendaknya selalu memberikan penghargaan kepada siswa. Penghargaan yang guru berikan akan memberikan motivasi kepada para siswa untuk mengerjakan sesuatu lebih baik lagi.
13.  Guru harus berlaku adil. Siswa sudah dapat menilai guru sehingga guru harus adil untuk membangun kepercaaan siswa kepada guru.
14.  Pembelajaran yang dilakukan hendaknya harus menghubungkan dengan dunia nyata siswa, pembelajaran contextual (Contextual Teaching Learning).
15.  Terkadang siswa perlu dikelompokan berdasarkan kemampuannya. Hal ini diharapkan dapat membuat mereka termotivasi belajar.

Artikel lainnya:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar